WELCOME TO GoBlog!!!

Followers

Total Pageviews

Search This Blog

My Blog List

Pages

Sunday, June 10, 2018

Sebab dan Cara Mengatasi Kipas Laptop yang Berputar Sangat Kencang


INILAH PENYEBAB KIPAS LAPTOP BERPUTAR KENCANG SERTA CARA MENGATASINYA

Nah, kali ini saya akan mengulas beberapa penyebab kipas laptop berbunyi kencang serta cara mengatasinya. Cekidot..

1. Processor Bekerja Terlalu Keras

Processor Bekerja Terlalu Keras
Processor Bekerja Terlalu Keras
Seperti yang diketahui jika kita menjalankan aplikasi berat seperti game atau editing video maka otomatis processor akan bekerja sangat keras.
Hal tersebut membuat suhu dari processor itu sendiri meningkat drastis. Dengan demikian kipas yang berfungsi sebagai pengstabil suhu processor juga akan berputar semakin kencang dan menimbulkan bunyi bising.

CARA MENGATASINYA :

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi. Terlebih lagi menjalankan aplikasi berat seperti yang tadi dijelaskan.
Dan perhatikan juga spesifikasi dari laptop kamu. Apakah laptop kamu mampu menjalankan aplikasi yang berat atau tidak. Jika tidak mampu menjalankan aplikasi berat, sebaiknya jangan sekali-kali kamu menjalankan aplikasi tersebut.

2. Sistem Operasi Terlalu Berat

Sistem Operasi yang Terlalu Berat
Sistem Operasi yang Terlalu Berat
Sistem Operasi yang tidak sesuai dengan laptop kamu dapat membebani daya kerja dari laptop tersebut. Hal itu akan memicu processor bekerja ekstra untuk tetap menjalankan OStersebut.
Jika processor bekerja sangat keras maka otomatis kipas laptop juga akan beputar semakin kencang pula. Hal tersebut dapat membuat kipas cepat rusak loh gaes.

CARA MENGATASINYA :

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu menggunakan Sistem Operasi yang ringan saja atau bawaan dari laptop tersebut.

3. Kipas Laptop Kotor

Kipas Laptop yang Kotor
Kipas Laptop yang Kotor
Penggunaan laptop yang sudah lama juga dapat mengakibatkan kipas laptop berputar dengan kencang. Terlebih lagi kamu jarang membersihkannya.
Hal tersebut akan mengakibatkan kipas laptop tertutup oleh debu. Debu yang menumpuk di fan akan menutup sirkulasi udara. Dan sirkulasi udara yang tertutup akan mengakibatkan processor memanas dan membuat fan bekerja sangat kencang untuk menetralisirnya.

CARA MENGATASINYA :

Untuk mengatasi hal tersebut adalah membersihkannya secara rutin. Sangat dianjurkan menggunakan jasa service laptop atau komputer untuk membersihkannya agar mencegah kerusakan fatal.

4. Terlalu Banyak Aplikasi yang Dijalankan

Terlalu Banyak Aplikasi yang Dijalankan
Terlalu Banyak Aplikasi yang Dijalankan
Multitasking atau kegiatan berganda adalah menjalankan sesuatu secara bersamaan. Salah satu contohnya adalah menjalankan aplikasi di laptop secara bersamaan.
Penggunaan aplikasi secara bersamaan tentunya akan berpengaruh terhadap daya kerja processor. Jika terlalu memaksakan, maka processor akan panas dan tentunya memicu fanberkerja semakin kencang.

CARA MENGATASINYA :

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kurangi penggunaan multitasking. Namun, jika harus terpaksa menggunakan multitasking, usahakan hanya 2-3 aplikasi saja yang berjalan.

5. Kipas Laptop Rusak

Kipas Laptop Rusak
Yaps, kipas laptop yang rusak dapat memicu berputarnya kipas dengan cepat dan menimbulkan suara bising. Hal tersebut dapat terjadi karena usianya yang sudah terlalu tua atau penempatan kipas laptop yang salah.

CARA MENGATASINYA :

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu perhatikan bagian dalam laptop kamu. Adakah yang rusak atau tidak, dan juga rutin melakukan service.

0 komentar:

Post a Comment